-->

Anjay Mencuat KPAI Disoroti

Anjay Mencuat KPAI Disoroti
ANJAY Mencuat KPAI Dianggap Kontroversi | Yostanabe
Yostanabe -Setelah Kontroversi Renang Campur Dapat Mengakibatkan Kehamilan Kontroversi KPAI menjadi Sorotan Larangan Atau Kalimat "ANJAY ,Tidak Sedikit Menuai Kritikan Dari Milenia dan Bahkan Tidak Sedikit yang Menganggap KPAI Sebagai Komnas yang Tidak Berjalan Sebagai Mana Mustinya
"Itu Urus Balita Ikitan Demo" ungkap
• Quran Dibakar Kesuruhan Pecah | Yostanabe
Anggota Komisi III DPR Arsul Sani menilai wacana memproses hukum penggunaan kata 'anjay' berpotensi over kriminalisasi alias Pemidanaan berlebih.
Sebelumnya, Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) yang menyebut kata 'anjay' merupakan bahasa pergaulan yang berpotensi dipidana.
"Untuk hal-hal yang belum jelas apakah itu merupakan tindak kekerasan verbal maka sebaiknya jangan sedikit-sedikit dinilai bisa dibawa ke ranah pidana. Nanti hukum pidana kita benar-benar menjadi over-kriminalisasi," kata Arsul
Ia menyarankan Komnas PA tidak perlu berlebihan mengutarakan pendapat soal bisa dipidana penggunaan kata 'Anjay'.

Arsul lantas mengusulkan untuk melakukan kampanye agar kata 'Anjay' tak digunakan oleh kelompok milenial apabila kata tersebut tak patut diucapkan.
"Kalaupun kata 'Anjay' itu dinilai sebagai kata yang tidak patut, tidak pantas, maka ya mari kita kampanyekan saja agar kelompok milenial khususnya jangan menggunakan kata itu," kata politikus PPP tersebut.

Arsul sendiri tak menafikkan bila dalam bahasa pergaulan sehari-hari terdapat kata umpatan yang bisa dianggap tak menyenangkan. Meski demikian, terkadang kata-kata tak menyenangkan tersebut justru bisa dianggap biasa saja oleh sebagian kalangan masyarakat.
"Contoh yang lazim misal kata "Jancuk" yang populer di Jatim," kata Arsul.

Sebelumnya, Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait menyatakan kata 'anjay' yang dilontarkan untuk merujuk sebutan kata pengganti satu binatang, maka kata tersebut bisa bermakna merendahkan martabat seseorang.
Karena bermakana merendahkan martabat seseorang, maka 'anjay' menjadi salah satu bentuk kekerasan verbal dan dapat dilaporkan sebagai Tindak Pidana.
"Istilah tersebut adalah salah satu bentuk kekerasan verbal dan dapat dilaporkan sebagai tindak pindana," ujar Arist.
(Hongkong Disneyland And Guide)
Anjay pun Menjadi Terkenal ,Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) mengingatkan ada potensi pidana yang bisa menjerat pengguna kata 'anjay' meski bersifat candaan. Perlukan 'anjay' dikriminalisasi? Pakar bahasa menelaah secara hati-hati.
Kepala Bidang Pengembangan Pusat Pengembangan dan Pelindungan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dora Amalia, menjelaskan bahwa ada dua aspek penggunaan kata, yakni aspek bentuk dan aspek penggunaan. Dua aspek ini bisa diterapkan untuk menelaah 'anjay'.

"Pertama, secara bentuk, kata 'anjay' adalah bentukan kreatif dari 'anjing'. Secara makna, ini adalah makna yang umum. Anjing adalah binatang berkaki empat yang biasa digunakan untuk peliharaan. Begitulah aspek leksikalnya, netral saja," kata Dora

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense

Belum ada Komentar untuk "Anjay Mencuat KPAI Disoroti"

Posting Komentar

Catatan Untuk Para Jejaker
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel