-->

Jenjang Waktu Menjadi Pastor

Jenjang Waktu Menjadi Pastor

 Bagaimana Jenjang Menjadi Seorang Pastor | Yostanabe

Yostanabe - seorang romo tidak cukup hanya mengandalkan keinginan. Butuh melewati seleksi panjang dan beragam selama 11 - 15 Tahun. Cukup banyak yang gagal di tengah jalan.


Pendidikan calon romo diawali setelah lulus SMP. Yaitu masuk Seminar menengah atau setingkat SMA. Lama tahapan ini mencapai empat tahun. Bila dinyatakan lulus, bisa melanjutkan tingkatan berikutnya. Tahun rohani selama satu tahun.
Selanjutnya adalah seminari tinggi dengan lama pendidikan enam tahun. Romo Kevikepan Surakarta Antonius Budi Wihandono menjelaskan, pada seminari menengah ada empat tingkat. Dimulai kelas 0.

Seleksi ketat, penyerataan, dan masa adaptasi calon romo dimulai pada tahap ini. Bersambung tahun rohani menjalani masa lebih mendekatkan diri kepada Tuhan, sekaligus menyiapkan diri sebelum masuk seminari tinggi. Yaitu semakin memantapkan diri sebagai seorang imam dimulai.

“Selama pendidikan, mereka (calon romo, Red) akan digodok sedemikian rupa dengan mengikuti beragam ketentuan. Yang dapat bertahan hingga akhir paling banyak 25 persen. Sisanya kembali ke masyarakat,” terang Budi.
Terkait faktor kegagalan, Budi menyebut sangat beragam. Calon romo bisa keluar sendiri berdasarkan keinginan hati, atau memang dinilai tidak layak oleh staf seminari sehingga dapat dikeluarkan.

“Jadi misal ada calon imam yang ketahuan nyontek saat ujian, walau cuma sekali, mereka pasti langsung dikeluarkan. Atau ketahuan mencuri. Begitu pula ketika nilainya dinyatakan kurang, pasti juga langsung dikeluarkan,” terangnya.
Panggilan iman yang dimaksud Budi adalah perilaku yang calon romo tunjukkan selama menempuh pendidikan di seminari. Misalnya, mereka bermalas-malasan, baik ketika belajar maupun di asrama, itu bisa menjadi pertimbangan dikeluarkan dari seminari. Termasuk tidak ada peningkatan pada akademik, atau malah menurun.

“Mereka nantinya menjadi contoh bagi masyarakat, menjadi panutan. Staf seminari tidak bisa berandai-andai ke depan (calon romo, Red) akan berubah. Kalau hal kecil (sifat buruk,Red) seperti itu dibiarkan, dan menjadi romo, pasti akan jadi romo yang buruk,” urainya.

Israel Jenjang Waktu Pendidikan Pastor Mualaf Murtadin Pastor Pindah Agama

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense

Belum ada Komentar untuk "Jenjang Waktu Menjadi Pastor"

Posting Komentar

Catatan Untuk Para Jejaker
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel